Hidup Sehat Alami

Selasa, 20 Agustus 2013

Hati Hati Saat Refleks

Gerak merupakan pola koordinasi yang sangat sederhana untuk menjelaskan penghantar impuls oleh saraf.Gerak pada umumnya terjadi secara sadar, namun ada pula garak yang terjadi tanpa di sadari yaitu gerak refleks. Impuls pada gerakan sadar melalui jalan panjang, yaitu dari reseptor, ke saraf sensoris di bawah ke otak untuk selanjutnya diolah oleh otak kemudian hasil olahan oleh otak berupa tanggapan, di bawah oleh saraf motor sebagai perintah yang harus dilaksanakan oleh efektor.
Gerak refleks berjalan sangat cepat dan tanggapan terjadi secara otomatis terhadap rangsangan, tanpa memerlukan kontrol dari otak. Jadi dapat di katakan gerakan terjadi tanpa dipengaruhi kehendak atau tanpa disadari terlebih dahulu. Contoh gerak refleks misalnya berkedip, bersin, atau batuk.  (infokedokteran.com)
Dalam kehidupan sehari-hari seharusnya kita berharap agar kita berbuat hal yang baik dengan cepat sebagaimana gerak reflek dan gerak sadar apabila menjalalankan hal yang kurang baik, dan segera sadar bahwa pekerjaan dan perbuatan itu buruk serta bergegas berubah menjadi lebih baik.
Para pakar menjelaskan bahwa salah satu kunci untuk menjadikan perbuatan itu reflek dalam setiap diri manusia adalah dengan cara MEMBIASAKAN/HABBITS. Jika kita berharap perbuatan baik terbiasa yang kita lakukan, maka berbuat baiklah secara kontinu, berulang sehingga terbentuk kebiasaan. Namun sebaliknya, bila kita terbiasa melakukan hal yang kurang baik, maka akan terbentuk dalam diri tanpa disadari sudah menjadi kebiasaan buruk.
Seorang anak yang terbiasa peka dan peduli dengan temanya, maka akan terbentuk sikap responsif dan segera tanggap apabila ada temannya membutuhkan bantuan, pertolongan dan sebagainya. Seseorang yang terbiasa berzikir, mengingat Alloh SWT ketika terjadi hal-hal yang mengagetkan dia, maka yang keluar dari mulutnya adalah kata kata kebaikan. Maka jika ada orang yang kaget, namun secara reflek mengeluarkan kata-kata jelek dari mulutnya, maka kemungkinan besar dari aktifitasnya sering membiasaakan mengucapkan kata-kata jelek saat dia sadar.
So, hati-hati saat Anda berada dalam gerak reflek, gerak yang tidak Anda sadari. Memang gerak ini, perbuatan ini tanpa kontrol Anda, namun ingat bisa di “setting” dengan sebuah kebiasaan. Semoga kita terbiasa menjalankan perbuatan, perkataan yang baik dan bermanfaat, sehingga saat terjadi gerak reflek maka kebaikan yang kita dapatkan bukan sebaliknya... 

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment, I will give some feedback soon..